Jumat, 10 Agustus 2012

Proses Desain Website

Dalam pembuatan website, hal pertama yang harus anda lakukan adalah pemahaman yang jelas mengenai apa yang akan anda buat, website seperti apa yang anda butuhkan. Anda harus memiliki rencana strategis, mulai dari layout, struktur navigasi, pilihan warna dan desain. Pilihan desain yang menarik dipadu dengan pilihan warna yang tepat, kemudian layout dan struktur navigasi yang baik akan membuat pengunjung ingin mengeksplor website anda lebih dalam lagi. Ingat desain website adalah bagian integral dari proses pemasaran. Sebuah website yang baik harus mampu menceritakan tentang kekuatan bisnis yang anda jalankan. 

Layout dan Struktur Navigasi

Layout sebuah website sama halnya dengan gambar denah sebuah rumah. Tiap-tiap bagian ruangan harus jelas fungsinya. Andapun harus berorientasi kepada pengunjung, layout sebuah website yang baik adalah layout dimana pengunjung dapat dengan mudah untuk mengeksplorasi website anda dari satu halaman ke halaman lain, dari satu bagian ke bagian yang lain. Layout yang umum digunakan terdiri dari header, 2 kolom bagian konten, dan footer, satu kolom konten digunakan untuk menampilkan informasi-informasi singkat, menu atau submenu. Satu kolom lagi akan berisi informasi utama dari sebuah halaman website.
Posisikan logo perusahaan anda dengan tepat, yang umum adalah meletakkannya di pojok kiri atas, jangan terlalu besar atau terlalu kecil, ukuran yang baik tidak lebih dari 300px baik tinggi dan lebar. Buatlah tagline perusahaan anda dengan tulisan, jangan disatukan dengan gambar logo, karena tagline ini juga bisa menjadi keyword untuk website anda.
Buatlah menu navigasi yang jelas, dan selalu tampil di setiap halaman. Anda dapat juga menambahkan breadcrumb (histori navigasi) yang akan menampilkan struktur dari halaman yang dilihat oleh pengunjung anda.
Bila ingin menggunakan gambar header, pilihlah gambar-gambar yang sesuai dengan bisnis anda, buatlah gambar yang jelas, jangan terlalu banyak menyampurkan gambar-gambar sehingga mengaburkan gambaran bisnis anda. Anda juga dapat menggunakan animasi flash untuk membuat website anda lebih atraktif. Tapi perlu diingat, gunakan animasi flash yang light agar loading website anda tidak menjadi lambat.
Jangan terlalu banyak menampilkan gambar di halaman utama, karena akan membebani proses loading, gunakan secukupnya dengan ukuran yang tidak terlalu besar.
Pada bagian footer anda dapat menampilkan informasi-informasi sederhana yang dapat memperkuat image perusahaan Anda.

Warna Tampilan

Warna tampilan website anda akan mempengaruhi pengunjung untuk tetap tinggal atau langsung menutup website anda pada saat pertama kali mereka membuka website anda. Gunakan paduan warna yang menarik dengan warna-warna yang ringan, namun ini tidak menjadi keharusan, banyak juga yang menggunakan warna-warna solid, tapi sebagian besar pengunjung lebih menyukai warna website yang smooth, ringan dan tidak membuat mata lelah. 

Desain

Desain menjadi sangat penting ketika anda ingin menyampaikan pesan kekuatan perusahaan anda kepada pengunjung website anda. Jangan sampai desain website anda malah akan mengaburkan pesan yang akan anda sampaikan. Diskusikan dengan desainer anda apa yang anda inginkan. Desainer anda akan memberikan masukan-masukan tambahan untuk ide-ide anda sehingga anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus bozzz

Selaras Web design mengatakan...

makasih bos :)

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More